MAS Nurussa'adah Teluk Rendah Laksanakan Ujian Akhir Semester Berbasis Android

Iklan Semua Halaman paling atas

MAS Nurussa'adah Teluk Rendah Laksanakan Ujian Akhir Semester Berbasis Android

Sabtu, 07 Desember 2019


BERITATEBO - Dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dalam menggunakan teknologi, tidak menutup kemungkinan dalam bidang Pendidikan. Untuk itu Madrasah Aliyah Nurussa’adah (MAN) Teluk Rendah, Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo memanfaatkan moment ini. Dengan melaksanakan Ujian Akhir Semester Berbasis Android.


Walaupun keberadaan Madrasah Aliyah tersebut jauh dari Kabupaten Kota bahkan bisa dikatakan terletak di pelosok, akan tetapi Madrasah ini tidak jauh ketinggalan dari Madrasah yang berada di Kabupaten atau pusat Kota. Terbukti dari pelaksanaan Ujian Akhir Semester Ganjil pada tahun ajaran 2019/2020 ini Madrasah Aliyah Nurussa’adah mampu melaksanakan Ujian berbasis Android. Madrasah Aliyah Nurussa’adah Teluk Rendah pertamakali melaksanakan Ujian Akhir Semester Berbasis Android.


Berbekal keinginan untuk mencoba, Operator Madrasah yang dibantu oleh guru lainnya menggagas sebuah eksperimen dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dewasa ini. Yang mana sebagian besar siswa sudah memiliki smartphone, walaupun ada yang belum mempunyai smartphone, Madrasah menyediakan laptop diruangan labor bahasa.


Hal ini sampaikan langsung Istianatul Hasanah S.Pd selaku Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Nurussa'adah, dirinya mengatakan, dalam pelaksanaan ujian akhir semester ini, majelis guru dituntut untuk menyiapkan bibit soal dalam bentuk pilihan ganda yang proses pengerjaannya langsung dikerjakan oleh masing-masing guru mata pelajaran dalam satu aplikasi.


"Adapun peserta ujian akhir semester ganjil tahun ini berjumlah 172 orang, yang dibagi menjadi enam ruangan dengan dua zona. Para siswa tidak perlu khawatir dengan paket internet, karena jaringan wifi disediakan oleh Pihak Sekolah, Siswa hanya di intruksikan untuk mendownload aplikasi exambro,"terang Istiana, panggilan seharai-hari.


Ujian akhir semester berbasis android ini mempunyai keunggulan-keunggulan bagi Instansi, guru tidak perlu lagi mengoreksi jawaban para siswa, karena nilai ujian langsung di cetak setelah siswa selesai mengerjakan soal. Para siswa juga tidak bisa mencontek ataupun melakukan kecurangan dalam mengerjakan soal, karena nomor soal di smartphone masing-masing siswa teracak secara otomatis. Lagipula siswa juga tidak bisa membuka aplikasi pencarian geogle atau keluar dari aplikasi selama proses pengerjaan soal sedang berlangsung. Setelah ujian selesai, Majelis Guru dituntut untuk mengisi Aplikasi Rapor Digital (ARD) yang dikerjakan secara bersama-sama dengan penuh rasa tanggung jawab.


"Alhamdulillah dalam pelaksanaan ujian akhir semester ganjil berbasis android berjalan dengan lancar, walaupun masih ada sedikit kendala ketika proses ujian berlangsung. Mudah-mudahan di semester berikutnya Madrasah Aliyah Nurussa’adah bisa meningkatkan kualitas dalam pelaksanaan ujian berbasis android,"jelasnya lagi.


"Terimakasih kami ucapkan kepada Operator Madrasah saudara Muhasib, S.Hum yang telah berjuang mengorbankan tenaga maupun pikiran sehingga ujian ini Sukses. Dan tak lupa pula ucapan terimakasih kepada Wakil Kepala Madrasah Ahmad Nazori, S.Hi dan Kepala Tata Usaha Musa Kazim, S.Pd beserta majelis Guru yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan ujian ini. Mudah-mudahan kerja keras kita semua menjadi nilai Ibadah dan bisa meningkatkan kemajuan untuk Madrasah Aliyah Nurussa’adah kedepannya,"tuntasnya.(crew)