Wabup Instruksikan OPD Terkait Cepat Antisipasi Penyebaran Covid-19

Iklan Semua Halaman paling atas


Wabup Instruksikan OPD Terkait Cepat Antisipasi Penyebaran Covid-19

Selasa, 24 Maret 2020
Konfrensi Pers Pemkab Tebo terkait situasi wabah Covid-19 di Kabupaten Tebo

Beritatebo – Mewabahnya virus Covid-19 atau yang biasa disebut Corona beberapa waktu terakhir ini mendapat respon serius dari Pemkab Tebo. Terlebih lagi saat ini ada satu pasien dari Tebo yang sedang dirawat di RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi.

Dalam konfrensi persnya pada Selasa (24/03/2020) Wakil Bupati Tebo Syahlan sudah menginstruksikan pada Dinas Kesehatan, RSUD, Puskesmas, BPBD dan Damkar untuk melakukan langkah-langkah penyebaran wabah ini.

Untuk Dinas Kesehatan, diterangkan Syahlan, diinstruksikan untuk melakukan inventarisir orang-orang yang sempat kontak dengan pasien yang dirujuk. “kita bukan memvonis, tetapi untuk mengantisipasi penyebaran virus ini,” sebut Syahlan.

Langkah lainnya adalah segera dilakukan penyemprotan fasilitas umum dengan cairan yang bisa membunuh virus ini. Penyemprotan ini diprioritaskan terhadap fasilitas umum yang berada di Kota Muara Tebo.

“Hari ini kita sudah sepakat BPDB, Damkar dan PDAM akan melakukan penyemprotan, karena disinfektan yang kita miliki terbatas, penyemprotan ini menggunakan air PDAM yang ditambah kaforitnya dari kadar biasa, dan beberapa hari kedepan akan kita lakukan hal serupa di tingkat kecamatan,” terang Syahlan lagi.

Syahlan menghimbau masyarakat tidak perlu panic dalam menghadapi situasi sekarang ini, tetapi lebih kepada penyerapan pola hidup sehat seperti yang menjadi anjuran dari pemerintah.

“Kita berharap masyarakat kita tidak panic, dan terapkan pola hidup sehat, tidak keluar rumah kecuali untuk keperluan yang sangat penting, perbanyak makan buah dan sayuran, kita juga sudah siapkan posko untuk penanganan virus ini, apabila ada masyarakat yang mengalami keluhan seperti demam, batuk filek sesak nafas segera mememeriksaan diri di puskesmas terdekat,” himbau Syahlan.