DPRD Tebo Alokasikan Dana Tanggap Darurat Penanganan Covid-19 Sebesar Rp.1.1 Milyar

Iklan Semua Halaman paling atas


DPRD Tebo Alokasikan Dana Tanggap Darurat Penanganan Covid-19 Sebesar Rp.1.1 Milyar

Kamis, 02 April 2020


Beritatebo.com - Dana tanggap darurat Kabupaten Tebo sebesar Rp.1.141.000.000 yang dialokasikan untuk digunakan oleh tim gugus tugas penanganan dan pencegahan covid-19 telah ditandatangani oleh ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo Selasa (31/3/2020). 

Ketua DPRD Tebo Mazlan,S.Kom Kamis (02/4/) kemarin menegaskan bahwa dana tanggap darurat yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp.1,1 lebih ini sudah disetujui DPRD, sehingga bisa segera digunakan untuk keperluan penanganan covid-19 di Kabupaten Tebo.

"Saat ini masyarakat Tebo bukan lagi menunggu langkah apa yang akan diambil tapi sudah harus menjadi perhatian serius pasalnya dampak dari covid-19 terhadap masyarakat luar bisa, dan dengan dana ini kita harapkan upaya penanganan dan pencegahan dapat lebih dimaksimalkan," ucap Mazlan.

Dikatakan Mazlan, upaya penyemprotan disinfektan yang dilakukan Pemkab Tebo sudah benar, namun untuk memutus mata rantai covid-19 tak cukup sampai disitu tapi harus memiliki alat kesehatan yang di perlukan untuk mengetahui terpapar tidaknya oleh virus ini.

"Seperti Rapid tes Alat Pelindung Diri (APD), Thermo gun, obat-obatan dan lainnya untuk pencegahan covid-19 yang dibutuhkan masyarakat maupun petugas yang terjun langsung dalam pencegahan," terangnya.

Mazlan nenyebut jangan cuma mengambil langkah tapi konkretnya seperti apa, kalau perlu rapid test kita beli dan dibagikan ke semua Puskesmas yang ada di 12 kecamatan siapa saja yang mengalami gejala atau terindikasi bisa cepat tertangani, tanpa harus menunggu lama agar masyarakat Tebo tidak khawatir dan panik dengan yang namanya coronavirus.

"Kami berharap kepada masyarakat Tebo untuk tidak panik dan selalu menjaga jarak dalam bersosialisasi yang tidak perlu dan selalu menjaga kebersihan diri agar terhindar dari segala penyakit (covid-19)," kata Mazlan lagi.

Terpisah, Kepala Bakeuda Tebo Nazar Efendi, membenarkan bahwa dana tanggap darurat telah di tandatangani DPRD Tebo nilainya sebesar lebih kurang Rp. 1.141.000.000. "Dana ini bahkan sudah disalurkan kepada tim gugus tugas covid-19 RSUD STS dan Dinas Kesehatan," bebernya singkat.

Direktur Rumah Sakit Umum Sultan Thaha Saifuddin (RSUD STS) Tebo dr.Oktavvieni Kamis (02/4) kemarin juga membenarkan jika dana tanggap darurat yang diteken oleh ketua DPRD Tebo telah disalurkan kepada tim gugus tugas covid-19 bidang kesehatan.

Dana tanggap darurat untuk tim gugus bidang kesehatan pada RSUD STS Tebo ini adalah untuk pembelian Alat Pelindung Diri (APD), Rapid Test. "Tapi saya tidak hafal apa saja yang akan d beli begitu juga jumlahnya, nanti ya di kabari lagi, ini mau operasi dulu," katanya singkat.