Listrik Sering Padam, Warga Kecewa dan Pertanyakan Biaya Perawatan Jaringan

Iklan Semua Halaman paling atas

Listrik Sering Padam, Warga Kecewa dan Pertanyakan Biaya Perawatan Jaringan

Jumat, 12 Juni 2020


BERITATEBO - Seringnya terjadi pemadaman listrik oleh PLN Tebo membuat warga Tebo, khususnya warga yang berada di Desa Teluk Rendah Ulu, Teluk Rendah Pasar, Teluk Rendah Ilir, Tuo Ilir dan Desa Muara Ketalo Kecamatan Tebo Ilir berkeinginan kembali bergabung dengan PLN Batang Hari. Keinginan tersebut timbul karena sering terjadinya pemadaman listrik oleh PLN Tebo. Dan Warga juga pertanyakan biaya perawatan listrik tersebut. Hal ini sampaikan oleh NK, warga Desa Teluk Rendah Ulu, Kecamatan Tebo Ilir.

"Hingga tahun 2018, lima Desa di Kecamatan Tebo Ilir, yakni Desa Teluk Rendah Ulu, Teluk Rendah Pasar, Teluk Rendah Ilir, Tuo Ilir dan Desa Muara Ketalo listriknya dari PLN Kabupaten batang Hari. Sejak bergabung dengan PLN Tebo pemadaman listrik di daerah kami makin sering terjadi. Oleh karena itu kalau bisa kami ingin bergabung lagi dengan PLN Batang Hari,"ungkap NK.

NK menjelaskan, dulu sewaktu  bergabung dengan PLN Batang Hari meskipun ada pemadaman, tapi tidak sesering saat bergabung dengan PLN Tebo ini.

"Dulu waktu masih gabung dengan PLN Batang Hari, walaupun ada pemadaman prosesnya cepat, tidak sampai berjam-jam apalagi berhari-hari seperti sekarang,"tambahnya.  

Terpisah, Ilham, warga Desa Muara Ketalo, Kecamatan Tebo Ilir juga menyatakan hal yang sama, selain membandingkan pelayanan pihak PLN sebelum dan sesudah bergabung dengan PLN Tebo, Ia juga mengeluhkan tarif listrik yang mahal.

"Sewaktu masih dengan Batang Hari, pemadaman listrik tidak sesering sekarang, andaipun terjadi pemadaman paling lama 1 jam, tidak sampai berjam- jam seperti saat ini. Dan yang menjadi pertanyaan saya, setiap minggu PLN melakukan pemadaman untuk perbaikan jaringan, akan tetapi listrik masih sering mati, kalau gitu percuma buang biaya besar-besar,"ujarnya dengan nada kesal.

Ilham menambahkan, selain pelayanan, dirinya juga mengeluhkan tarif listrik PLN Tebo yang mahal.

"Sudahlah sering padam pembayarannya juga mahal, sampai 180 ribuan perbulan, padahal yang dipakai cuma itu-itu saja,"ungkapnya.(cek)