PT LAJ Kembangkan Pertanian Terpadu di Kawasan HTI

Iklan Semua Halaman paling atas

PT LAJ Kembangkan Pertanian Terpadu di Kawasan HTI

Rabu, 10 Juni 2020



BERITATEBO – PT Lestari Asri Jaya, perusahaan HTI  karet alam terintegrasi dan berkelanjutan, mengembangkan konsep pertanian terpadu, yang juga dikenal dengan agro forestry. Pertanian terpadu dilaksanakan melalui kemitraan dengan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH) dan bermukim di areal lokasi Hutan Tanaman Industri (HTI) PT LAJ.
 
Menurut Direktur PT LAJ,  Meizani Irmadhiany, program ini mempromosikan penggunaan lahan yang berkelanjutan secara produktif dan ramah lingkungan dengan pendekatan organik. Area yang dikelola KTH selain ditanam tanaman karet, juga dimanfaatkan untuk menanam sayur mayur, cabai, jagung. Sayuran yang ditanam tersebut selain menjadi sumber makanan sehat bagi petani, juga menjadi sumber penghasilan tambahan, karena sebagian panennya akan diserap perusahaan melalui koperasi karyawan atau dijual di pasaran.
 
“Kami berkomitmen untuk menggandeng masyarakat melalui program kemitraan dan pertanian terpadu, disamping untuk meningkatkan kesejehteraan juga untuk ketahanan pangan mereka,” ucap Meizani.
 
Pertanian terpadu yang dikembangkan oleh PT LAJ, salah satunya berlokasi di Desa Napal Putih, Kabupaten Tebo. Saat ini, ada dua KTH yaitu Wana Mitra Lestari dan Arangan Rimba Lestari di desa tersebut yang menjadi mitra perusahaan dalam mengembangkan pertanian sayur mayur. Baru-baru ini, KTH tersebut telah melakukan panen beragam jenis sayuran, sehingga petani dapat memenuhi kebutuhan pangannya sekaligus memberikan penghasilan tambahan.
 
Selain di Desa Napal Putih, konsep kemitraan tersebut, juga tengah dikembangkan ke sejumlah desa lainnya. Diantaranya, seperti: Desa Sugai karang, Desa Pemayungan, Desa Semambu, Desa Balai Rajo, Desa Kuamang dan desa desa lainnya di sekitar perusahaan.(crew)