Ini Hasil Tracking CH, Bidan PKM Rimbo Bujang II Yang Terkonfirmasi Positif Covid-19 -->

Iklan Semua Halaman paling atas

Ini Hasil Tracking CH, Bidan PKM Rimbo Bujang II Yang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Sabtu, 19 September 2020



Beritatebo.com – Adanya salah satu Tenaga Kesehatan (Nakes) yakni Bidan bernisial CH (29) berjenis kelamin perempuan yang bertugas dibagian Poli anak Puskesmas Rimbo Bujang II yang dinyatakan positif Covid-19, menambah daftar pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tebo. Pihak Satgas Covid-19 Tebo pun langsung mengambil langkah cepat untuk menanganinya.

Setelah diketahui uji swabnya dinyatakan Positif dimana pada tanggal 17 September lalu di Swab, CH yang sejak tanggal 15 September lalu dirawat di ruang perawatan Puskesmas Rimbo Bujang II, pada Sabtu pagi (19/09/2020) langsung dibawa ke RSUD STS Tebo untuk menjalani isolasi.

Satgas Covid-19 Tebo melalui dr.Riana Elizabeth saat dikonfirmasi Teboonline.id terkait hasil tracking yang bersangkutan mengatakan bahwa CH sebelum dirawat di Puskesmas Rimbo Bujang II, CH yang merupakan warga Kelurahan Wirotho Agung memiliki riwayat perjalanan keluar kota yaitu pernah berobat di RS Theresia Jambi karena CH punya riwayat penyakit Batu Empedu. Sepulangnya dari berobat di RS Theresia Jambi, CH merasakan keluhan dan akhirnya dirawat di Puskesmas Rimbo Bujang II.

Dr.Riana menambahkan bahwa pada saat swab terhadap CH pada tanggal 17 September lalu, sebenarnya sudah ada kecurigaan terhadap gejala klinis yang diderita oleh CH. Namun, untuk memastikannya perlu menunggu hasil swab. Kemudian, untuk mengambil langkah antisipasinya, Puskesmas langsung melakukan tracking terhadap Puskesmas dan hampir seluruhnya staf Puskemsas pernah kontak dengan CH.

“Ada 60 persen dari 80 orang pegawai di Puskemas Rimbo Bujang II yang pernah kontak dengan pasien ini (CH), khususnya semua tim perawatan. Untuk keamanan dari masyarakat yang menggunakan pelayanan puskesmas dan untuk keamanan petugas kesehatan itu sendiri, diminta untuk isolasi mandiri dan kita usahakan untuk dilakukans swab secepatnya karena kita sudah berkoordinasi juga dengan provinsi untuk melakukan swab,” urai dr.Riana pada Teboonline.id, Sabtu (19/09/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Tebo ini menambahkan bahwa untuk ruang lingkup Puskemas yang pernah kontak dengan CH saja sudah banyak. Belum lagi orang yang pernah membesuk CH meskipun jadwal besuk tidak ada namun masih saja dan satu atau dua orang yang membesuk saat CH masih dirawat di Puskesmas Rimbo Bujang II.

Untuk sementara ini, pelayanan Puskesmas Rimbo Bujang II dialihkan ke Puskesmas Rimbo Ulu, Sumber Sari dan Tegal Arum sampai 7 hari ke depan. Dan direncanakan, pada hari ini Puskesmas Rimbo Bujang akan dilakukan penyemprotan cairan Desinfektan.(crew)