Fasilitas Tiga Destinasi Wisata Tebo Terus Ditingkatkan -->

Iklan Semua Halaman paling atas

Fasilitas Tiga Destinasi Wisata Tebo Terus Ditingkatkan

Selasa, 01 Desember 2020
Danau Sigombak

Tanggo Rajo, Danau Sigombak

dan Pemandian Air Panas


BERITATEBO – Pemerintah Kabupaten Tebo, melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tebo, terus melakukan peningkatan infrastruktur terhadap potensi destinasti wisata yang ada dalam wilayah Kabupaten Tebo. 

Setidaknya, dalam 3 tahun terakhir atau sejak tahun 2017 lalu, tiga destinasti wisata Tebo yakni Tanggo Rajo yang berada di Kecamatan Tebo Tengah atau pusat kota kabupaten, Danau Sigombak di Tebo Ulu dan pemandian Air Panas di Kecamatan Tebo Ilir, mendapat perhatian serius dari Pemerintah daerah Kabupaten Tebo. 

Meskipun dengan keterbatasan anggaran APBD Tebo, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tebo terus berjuang dalam upaya membangun fasilitas tiga destinasti tersebut melalui anggaran APBN. 

Itu terbukti dengan kucuran anggaran dari APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018 untuk pembangunan tiga destinasti wisata di kabupaten Tebo tersebut. Tanggo Rajo misalnya, dalam dua tahun terakhir sudah dibangun fasiltas taman, menara pandang, pagar, lampu, panggung seni dan fasilitas olahraga untuk para pengunjung taman tanggo rajo.

Panggung seni di Taman Tanggo Rajo

Taman Tanggo Rajo - Senam bersama


Taman Tanggo Rajo - Menara pandang baru

Taman Tanggo Rajo - Panggung di sebelah dalam

Taman Tanggo Rajo - Pintu gerbang utama

Kemudian untuk wisata danau sigombak, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata membangun gerbang identitas, papan nama, taman,  gazebo, dermaga, penunjuk arah, panggung seni, kios cidera mata. Sedangkan untuk wisata air panas, pemerintah juga sudah membangun kolam permanen, jalan kawasan, pagar, musholla, ruang ganti dan gazebo.



salah satu view Danau Sigombak 

Danau Sigombak - Panggung 

Danau Sigombak - Dermaga baru

Kapala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tebo, Mardiansyah mengatakan bahwa kedepan pihaknya akan terus melakukan peningkatan infrastruktur terhadap tiga destinasti tersebut termasuk destinasti wisata lain yang ada dalam wilayah kabupaten Tebo. 

“Potensi wisata lain juga akan terus kita kembangkan, sedangkan untuk tiga destinasti tersebut seperti taman tanggo rajo, kedepan kita akan membangun lokasi parkir, musholla, ruang ganti, sama halnya dengan danau sigombak,” ujar Mardiansyah.

Ia juga menambahkan, Dispora Kabupaten Tebo juga terus mendorong pihak pemerintah desa untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di desa-desa yang ada di Kabupaten Tebo. “ Ada beberapa tempat wisata yang juga dikelola langsung oleh pihak Desa, kedepan kita akan terus mendorong pihak pemerintah desa untuk meningkatkan potensi-potensi wisata yang ada di desa mereka masing-masing,” tegasnya. (*)


Wisata Air Panas - Jalan

Wisata Air Panas - toilet

Wisata Air Panas - Kolam permanen

Wisata Air Panas - suasana pengunjung